Space Banner (11 space)

Follow the blog via email

Sunday, 10 June 2012

Rangkaian Pengusir Tikus


Salam weekend untuk sobat Setrum. Kali ini admin akan sedikit berbagi pengalaman eksperimen mengenai rangkaian Elektronika Pengusir Tikus. Hal ini bermula dari ketidaknyamanan admin karena akhir-akhir ini mendapat gangguan dari salah satu aktor pemain "Tom & Jerry" tersebut. Oke deh langsung saja kita ke TKP untuk melihat seperti apa sih rangkaian tersebut.

Sebelum bermain-main dengan rangkaian, admin akan mengajak sobat Setrum untuk bernistalgia sebentar dengan materi pelajaran waktu kelas 4 SD dulu tentang frekuensi suara. 

Berdasarkan range frekuensi, gelombang suara dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
  1. Infrasonic ( 1 Hz - 20 Hz )
  2. Acoustic ( 20 Hz - 20.000 Hz )--> yang bisa didengar oleh manusia
  3. Ultrasonic ( > 20.000 Hz )
Perlu sobat ketahui bahwa frekuensi suara yang bisa didengar oleh binatang sebenarnya bermacam-macam tergantung dari jenis binatang itu sendiri.  lalu bagaimana dengan Tikus? Batas frekuensi yang mampu didengar oleh tikus adalah antara 1.000 Hz sd 100.000 Hz. Dengan bekal pengetahuan ini kita bisa mengusir tikus dengan memanfaatkan gelombang ultrasonic.

 
Nah, sebenarnya rangkaian sederhana yang admin unggah pada posting kali ini dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic dengan frekuensi 50 KHz .
Rangkaian ini akan mengganggu tikus-tikus dengan frekuensi 50 KHz yang ditimbulkannya sehingga tikus-tikus akan berlarian dan menjauhi tempat yang telah dipasangi rangkaian ini, namun tidak akan mengganggu pendengaran manusia..masih ingat kan tentang range frekuensi yang bisa ditangkap telinga manusia? 

Komponen Inti dari rangkaian ini adalah IC NE555 yang berfungsi sebagai timer dan dikombinasikan dengan dua resistor dan kapasitor yang akan menghasilkan frekuensi 50 KHz. Komponen pendukung yang dibutuhan tidak terlalu banyak, cukup murah, dan mudah didapatkan di toko-toko elektronik. Dalam beberapa hari setelah pemasangan alat ini (secara terus menerus), dapat dilihat hasilnya. Tikus-tikus akan pergi "hijrah" ke tempat lain.

Prinsip kerjanya secara sederhana dari rangkaian ini adalah sebuah oscilator yang mengeluarkan gelombang ultrasonic pada kisaran frekuensi 20 - 40 KHz. Gelombang ultrasonic yang dihasilkannya tidak akan terdengar di telinga manusia, tetapi akan sangat mengganggu sekali bagi telinga tikus. Base Frequency lalu dimodulir dengan sinyal 50 Hz yang didapat dari frekuensi tegangan jala-jala PLN melalui kapasitor C4 (untuk menghindari tikus menjadi kebal terhadap alat ini) sehingga akan dihasilkan ayunan frekuensi antara 20 - 40 KHz secara periodik.


Berikut ini gambar rangkaian Pengusir Tikus :




Berikut ini daftar komponen elektronika yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian pengusir tikus :
·         R1 .............. 1K
·         R2 ............. 15K
·         R3 ............. 15K
·         C1 ............. 1nF
·         C2 ............. 1uF/16V
·         C3 ............. 10nF
·         C4 ............. 220nF
·         C5 ............. 1000uF/16V
·         D1 - D4 ...... 1N 4001
·         IC ............. NE555
·         Trafo ...... 6V/200mA
·         Sp ...... speaker tweeter bentuk corong

Setelah selesai merakit, cek sekali lagi dan pastikan semua komponen dan sambungan elektroniknya terpasang dengan benar. 

Lalu bagaimana untuk mengecek apakah rangkaian ini sudah bekerja dengan benar apa belum.( kan suara yang dikeluarkan ga bisa didenger telinga manusia).

Gampang Sobat Setrum! Untuk memeriksa hasil keluaran rangkaian ini, bisa dengan mengganti kapasitor C1 dengan nilai yang lebih besar misalnya 10nF, maka suara yang dihasilkan akan masuk pada daerah ambang pendengaran manusia, setelah itu kembalikan lagi kapasitor seperti semula yaitu 1nF. Jika telah selesai semua, rangkaian bisa ditaruh pada sebuah box menarik dengan daya kreatifitas Anda.

Pengusir tikus elektronik ini akan efektif untuk ruangan seluas maksimal 200 m2 asal penempatannya tepat, misalnya di pojok atas ruangan agar frekuensi noise-nya bisa menyebar ke seluruh ruangan tanpa halangan. Nyalakan secara terus menerus untuk menjaga agar tikus tidak datang lagi, tidak usah khawatir dengan konsumsi listriknya karena daya listrik yang dibutuhkan cukup rendah, lebih kecil dari lampu bohlam 5 watt/220 volt.
Bagaimana Sobat? Tertarik untuk mencoba?

Semoga bermanfaat,

sumber:http://catatan-team-jaya.blogspot.com

13 comments:

  1. ijin copas gan ini rangkaian mau dicoba...thanks gan.

    ReplyDelete
  2. sy msh blm mengerti gan,kok R3 dan C4 terhubung dg out put travo itu berfungsi sebagai apa gan,misalkan kita mo pake sumber tegangan dari battery berarti R3 dan C4 gak berfungsi kan gan?mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. R3 dan C4 fungsingsinya untuk merandom nada yg dihasilkan dari getaran arus ac biar nadanya gak monoton jd kalo pke battery ya tdk berfungsi , cmiiw

      Delete
  3. ijin copy gan............sorry sekalian nanya klo trafonya pake yang 2 ampere gimana gan terlalu besar ga ya

    ReplyDelete
  4. begini Gan. Jika agan menggunakan trafo yang arusnya 2 Ampere. Boleh saja,
    namun nantinya tetap harus direduksi nilai arusnya.
    karena IC NE555 yang digunakan dirangkaian memiliki total current (Id) maximum kira2 200mA pada tegangan 12VDC dan kira2 100mA pada 5VDC.
    Sehingga apabila dipaksakan langsung menggunakan trafo yang 2 Ampere, maka akan dapat merusak IC nya. Semoga penjelasan saya bisa membantu. Tks

    ReplyDelete
  5. cara mengukur total resistornya gmn ya gan?

    ReplyDelete
  6. gan, total biaya keseluruhan pembuatan alat ini kira-kira berapa ya?

    ReplyDelete
  7. Ambang batas frekuensi 1.000 Hz sd 100.000 Hz juga dimiliki kucing & anjing dan beberapa jenis burung. Apa alat ini juga akan membuat binatang2 itu gak nyaman juga?

    salam...

    ReplyDelete
  8. Gan ada yg sdh berhasil merakit alat ini nggak gan, gw kalau beli harganya berapa gan?

    KAT

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udh pernah berhasil membuat rangkaiannya gan. tapi kalo mo beli saya sarankan beli yg udh jadi aj. Dipasaran udh bnyk yg menjual dgn pilihan freq yg lebih bnyk & dimensinya yg lebih mini krna udh pake komponen SMD, so hargax pun jadi lebih murah. Hrga dipasaran bervariasi antara Rp 25.000 - Rp 150.000. Sdngkan rangkaian yg sya posting ini tujuannya hanya sebatas memfasilitasi & share ilmu bagi yang suka otak atik solder :D. Moga bermanfaat Gan KAT.

      Delete
  9. apakah alat ini bisa untuk mengusir anjing

    ReplyDelete
  10. Gan kalo buat ngebuktiin frekuensi yang keluarnya antara 30-40Khz gimana?

    ReplyDelete

postingan apa yang lebih anda minati di Blog ini